Kamis, 02 Maret 2017

Bentuk Latihan Peningkatan Daya Tahan Jantung dan Paru-Paru (Cardiovascular Endurance)

Ilustrasi jantung sehat [image by simomot.com], 
Jantung dan paru-paru merupakan dua dari beberapa organ tubuh bagian dalam yang sangat fital untuk kesehatan. Kedua organ tersebut sangat fital perannya karena disebabkan fungsinya memang yang sangat penting, Jantung merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk menghasilkan darah dan memompanya ke seluruh tubuh.

Sedangkan paru-paru merupakan organ tubuh yang sangat penting dalam hal sistem pernafasan, dengan rusaknya kedua organ tersebut maka segala macam penyakit akan berdatangan. Tidak tanggung-tanggung penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, Kardiomiopati, Imfark Miokard Akut, Tuberkulosis, Asma, Bronkitis, Kanker Paru Paru, dan lainnya.

Nah maka dari itu ada baiknya untuk menjaga kesehatan jantung dan paru paru sejak dini, bagaimana cara untuk menjaga kesehatan jantung dan paru paru? salah satunya yaitu dengan melakukan olahraga atau latihan-latihan yang khusus untuk melatih meningkatkan daya tahan jantung dan paru paru.

Beberapa bentuk latihan yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru serta sekaligus menjaga kesehatan kedua organ tubuh tersebut yaitu fartlek, latihan interval, lari jarak jauh, berenang jarak jauh, dan cross country.

Fartlek (speed play), adalah latihan yang dilakukan di alam terbuka dengan suasana alam yang tidak membosankan. Kondisi alam yang dipilih adalah konsisi alam yang berbukit-bukit, mempunyai semak belukar, atau berpasir. Ketika melakukan fartlek, pelaku dapat melakukan latihan sambil menikmati suasana alam.

Latihan interval (interval training), adalah latihan yang dilakukan dengan diselingi interval istirahat untuk menghadapi latihan berikutnya. Misalnya untuk latihan dasar dengan cara berlari sejauh 2000 meter, dilakukan dengan membagi-bagi jarak tempuh berlari. Pembagian jarak tempuh dapat dibuat sebanyak 10 x 200 meter dengan 1 x 200 meter adalah 45 menit. Istirahat untuk setiap pengulangan adalah 3 menit.


Lari jarak jauh (long running) sebaiknya dilakukan di tempat yang suasana alamnya masih alami sehingga polusi udaranya sedikit. Walaupun dmikian, lari jarak jauh dapat dilakukan di jalan raya pada pagi hari ektika udara masih segar.

Renang jarak jauh (long swimming), dilakukan dengan cara menetapkan target waktu atau jarak tempuh sesuai dengan lebar atau panjang kolam renang yang digunakan. Selain itu, latihan ini dapat juga dilakukan dari sebuah sungai yang luas dan panjang atau bahkan di laut.

Cross country dilakukan di alam terbuka yang masih alami, seperti melalui pegunungan,perbukitan, persawahan, perkebunan, dan hutan.

Itulah beberapa bentuk latihan yang dapat membantu kita dalam meningatkan daya tahan serta kesehatan jantung dan paru-paru, dengan memiliki jantung dan paru paru yang mempunyai daya tahan baik maka tubuh kita akan terasa lebih bugar dan tidak mudah terserang penyakit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar