Kamis, 02 Maret 2017

Pengertian dan Bentuk Latihan Kecepatan (Speed)

Ilustrasi latihan kecepatan [image by sukalive.com], 
Terdapat beberapa bentuk latihan yang dapat kita lakukan untuk melatih kebugaran tubuh, salah satunya ialah latihan kecepatan atau speed. Bentuk latihan ini sangat diperlukan dalam aktifitas kita sehari-hari, dengan melakukan latihan kecepatan maka tubuh kita terasa ringan dan dapat melakukan pekerjaan dengan cepat.

Sebelum kita melatih kecepatan kita maka terlebih dahulu kita harus tau, apa itu kecepatan. Kecepatan atau speed adalah kemampuan bergerak secara berturut-turut untuk enempuh suatu jarak dalam suatu selang waktu. Pada jarak tempuh yang sama, semakin singkat waktu tempuh, kecepatan yang dihasilkan akan semakin baik.

Terdapat beberapa cara untuk melatih kecepatan kita, yang paling mudah yaitu dengan melakukan lari. Akan tetapi untuk mengukur tingkat kecepatan kita perlu melakukan beberapa kombinasi atau modifikasi pada latihan lari yang akan kita lakukan. Berikut ini beberapa bentuk latihan kecepatan.
  1. Lari interval (interval running), menempuh jarak yang relatif pendek, misalnya jarak 40 m. Contoh rencana latihan lari interval menempuh jarak pendek:
    • Jarak tempuh : 40 meter
    • Waktu tempuh yang harus dicapai : 6-68 detik
    • Pengulangan : 10 kali
  2. Lari akselerasi (acceleration running)
    • Kombinasi lari pelan (jogging) dan lari cepat (sprint).
    • Kombinasi lari akselerasi (acceleration running) diselingi lari deselerasi (deceleration running)
    Contoh rencana latihan lari akselerasi:
    • Jarak tempuh 40 meter, terdiri atas 10 meter lari pelan, 10 meter lari sedang, dan 20 meter lari cepat.
    • Waktu tempuh 8 - 10 detik.
    • Penguangan 10 kali.
  3. Melakukan aktivitas gerak berupa lompat tali dengan melakukan putaran tali yang cepat dan melompat dengan cepat,dimana kaki idak tersangkut oleh tali.
Itulah beberapa bentuk latihan untuk melatih kebugaran tubuh dalam hal kecepatan atau speed, lakukan latihan tersebut secara rutin untuk menjaga tingkat kecepatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar